Search this blog

Mar 20, 2011

To help people is not just about raising money

Gading Serpong, 27 April 2008
 
 
Dalam acara Idol Gives Back, awal April 2008 yang lalu, Brad Pitt berkata (lebih kurang yang nyantol di ingatan saya) "To help people is not just about raising money. But we need to get out of our comfort zone to feel their sufferring"
 
Mungkin yang dimaksud adalah, kalau kita keluar dari zona nyaman kita, menjadikan mereka sebagai teman mereka dan berbincang dengan mereka, membantu mereka, barulah perbuatan baik itu menjadi sempurna.
Seringkali kita lebih suka cara mudah dan convenient, "Perlu uang berapa, sini saya transfer, kasih saja no rekeningnya berapa..."  Sounds familiar?
 
Bantuan itu akan lebih mengena di hati kalau "we actually took the time to know the people and merasakan betapa bantuan itu begitu berarti bagi mereka, penderitaan kita sebenarnya tidak ada apa-apanya dibandingkan mereka".
 
Ketika berbincang-bincang dengan ibu-ibu dari POS Daya di Bogor, February 2008 yang lalu, mereka mengkoordinir dana bantuan, menyumbangkan dana makanan untuk anak-anak kampung, mungkin sebatas susu dan kacang hijau. Bahwa perbaikan gizi 1 minggu, kalau dilakukan selama 20 minggu, itu lebih berarti, karena mencegah lebih baik daripada ketika terjadi sakit, barulah kita mencari dana untuk membantu mereka. Mungkin ibu-ibu yang membaca email ini, bisa membantu mengkoordinir pemberian bantuan di daerah masing-masing.
 
Ada banyak perdebatan antara ajaran Buddha dan agama lainnya, saya pikir kita juga harus mengambil nilai positif dari agama lain, misalnya perpuluhan. Mungkin tidak kita ambil mentah-mentah tetapi kita modifikasi sedikit.
Misalnya umat Buddha yang mampu, menyumbangkan 10% dari penghasilan mereka untuk membantu umat Buddha yang tidak mampu. Kedua pihak akan merasakan kebahagiaan. Yang satu bahagia karena telah memberi, yang satu lagi merasa berbahagia karena menerima. Sebentar lagi Waisak, mungkin teman-teman bisa koordinir sendiri-sendiri antar kelompok, membantu umat Buddha yang kurang beruntung agar bisa merayakan Waisak tanpa harus kelaparan karena harga beras sudah mulai naik. Waisak adalah tentang sebuah hati yang tulus, bukan hanya sekedar upacara ceremonial.
 
Selamat berdana.

No comments:

Post a Comment