Search this blog

Mar 20, 2011

BISDS Carolling pas chinese new year di KL

KL, Chinese New Year 2003

Saya ingin berbagi tentang kehidupan ber'sosialisasi' di BISDS (Buddhist
Institute of Sunday Dhamma School) semasa saya tinggal di Kuala Lumpur dulu.Kenapa sosialisasi? Karena saya sangat terkesan sekali dengan keramahan mereka walaupun saya orang asing disana.

Di BISDS, setiap tahun baru china, ada aktivitas yang namanya "carolling" dimana anggota vocal group anak-anak sekolah minggu akan berkeliling ke rumah-rumah umat Buddha yang mengundang mereka untuk menyanyi. Umat yang mengundang itu di-data dan keputusan untuk berkunjung akan ditentukan oleh guru pendamping, yang dipertimbangkan misalnya lokasi rumah dan berapa rumah yang bisa dikunjungi dalam satu hari. Karena tidak mungkin mengunjungi puluhan rumah. Tugas tuan rumah adalah menyajikan kue-kue dan minuman seperti kebiasaan di Chinese New Year.
Carolling diadopsi dari kebiasaan umat Kristen pada hari natal. But overall it
was a nice experience.
Kali ini, saya mengundang mereka untuk datang. Tadinya saya pikir cuma 10-15 orang yang datang, tetapi ternyata yang datang itu satu bus gede, yang
isinya mungkin ada 30 anak murid plus pengawasnya.
Mereka bernyanyi dan memeriahkan suasana chinese new year. Karena saya dan suami adalah orang asing di KL, jadi tidak punya banyak saudara, kehadiran mereka sangat berarti sekali. Mereka menyanyikan lagu-lagu Chinese New Year yang diadopsi 'the buddhist way' dan lagu-lagu Buddhis, total ada 5-6 lagu. Sebelum memasuki rumah, mereka menyanyikan lagu pembuka, setelah didalam rumah, tuan rumah diminta duduk mendengarkan dan mereka berbaris rapi dan menyanyi; kemudian istirahat dan makan-makan; setelah selesai dan mau pamitan, mereka bernyanyi lagi.

Event ini sangat mendekatkan antara mereka dan tuan rumah, istilahnya
ber'silahturahmi'.

Chinese New Year tahun itu, saya juga mengundang 3 anak-anak dari panti asuhan buddhis Tiratana untuk berlibur bersama saya dan keluarga. Rasanya indah sekali bisa berbagi kebahagiaan dengan mereka. Melihat mereka begitu
senangnya makan di McDonald dan dibelikan baju baru...

Kalau di Jakarta, ada kegiatan serupa, please let me know, karena saya juga
ingin mengundang...

No comments:

Post a Comment