Search this blog

Mar 20, 2011

Bekerja di perusahaan "yg tdk sesuai dg nurani kita"

Jakarta, September 9, 2004

Suatu kesempatan di tahun 2002 waktu ada seminar sehari di Petaling Jaya;
Saya pernah bertanya pada Ajahn Brahm tentang sahabat Buddhis saya yang
memutuskan menjadi nelayan karena gagal berkali-kali di bidang usaha lain. Ajahn Brahm mengatakan bahwa bidang ini tidak baik karena karma yang dihasilkan berat. Ajahn juga melanjutkan bahwa sebaiknya mencari bidang yang lain atau perbanyak berbuat kebaikan agar dapat mengurangi karma tidak baik tersebut.

Setiap orang punya prinsip sendiri.
Saya, (dengan tidak berusaha menghakimi yang lain), memilih untuk tidak bekerja di perusahaan yang memperjualbelikan makhluk hidup, tidak ingin terlibat di perusahaan rokok dan bir; karena alasan pribadi.

Setiap orang punya pilihan sendiri. Jika anda merasa apa yang anda lakukan
benar, teruskanlah...
Tetapi jika terbersit keraguan, bertanyalah pada mereka yang lebih arif. Mungkin para bijaksana yang lebih tahu bisa membantu. Seperti teman saya yang ragu akan profesinya sebagai nelayan. Saat ini setahu saya dia
masih menjadi nelayan, tetapi dijalani dengan penuh kesadaran akan karma yang harus ditanggungnya.

Sama juga dengan beberapa dari kita yang masih sering memukul nyamuk 'dengan penuh kesadaran' :-), karena tidak ingin digigit nyamuk.

No comments:

Post a Comment